Wisata Alam Pintu Air Katulampa

“Pintu air Katulampa siaga 2” Berita ini tentu akan bikin warga Jakarta yang tinggal dibantaran sungai Ciliwung jadi waspada alias dag-dig-dug. Apalagi kalau kalimat “pintu air katulampa siaga sekian..” disiarkan melalui pesan berantai BBM saat musim hujan di Jabodetabek. Maka berita itu akan bersifat viral atau cepat menyebar. Namun postingan admin kali ini bukan membahas pintu air Katulampa dari sisi banjir Jakarta. Admin mau menguak sisi lain keindahan wisata alam pintu air Katulampa.
Ga salah nih? tentu itu pertanyaan yang muncul secara spontan pada benak warga kompor.in. Hehehe.. ga usah protes. Admin dah bosen bahas banjir(padahal modus karena bukan pakar banjir Jakarta). Sekali-sekali boleh donk berfikir out of the box. Ntar kalau bicarain banjir yang ada malah gosipin om Jokowi. Oke kembali ke topik. Emang kegiatan wisata apa aja sih yang bisa dilakukan pada pintu air dan sekitar bendungan Katulampa?
wisata-sosial-katulampa
Sebelum admin jawab, ada baiknya admin gambarkan dikit lokasi pintu air Katulampa. Bendungan Air Katulampa adalah bangunan terletak di kelurahan Katulampa, kota Bogor – Jawa Barat. Konon menurut sejarahnya bendungan ini mulai beroperasi pada tahun 1911. Bendungan ini fungsi utamanya dulu sebagai bagian dari sistem irigasi persawahan. Jadi karena fungsi awalnya sebagai bendungan untuk irigasi, maka wajar saja bendungan ini tidak bisa menahan air dalam jumlah terlalu banyak dan dalam waktu yang lama. Nah dari fungsi tersebut pada bendungan ini kita bisa melakukan kegiatan wisata seperti memancing, hiking menikmati pemandangan yang masih lumayan hijau, wisata penelitian, dan wisata sosial.
Wisata penelitian dan wisata sosial, hmm agak jarang didengar tuh min. Apa admin ga salah tulis tuh? Tenang mas boss. Admin ga salah tulis kok. Bagi warga yang tingkat kepedulian terhadap sesama tinggi, di pintu air Katulampa ini kita bisa kok melakukan kegiatan penelitian banjir. Bagi rekan-rekan mahasiswa Ilmu Komputer admin sarankan melakukan penelitian disana. Kan lumayan ilmu rekan-rekan bisa dimanfaatin untuk menciptakan Sistem Deteksi Banjir yang lebih canggih, realtime dan keren. Trus kalau mas boss mahasiswa Teknik Elektro, bisa tuh praktekin ilmunya bikin pembangkit listrik mikrohidro dll. Trus wisata sosial? Nah ini pertanyaan yang admin tunggu. Alasan admin nulis disini warga bisa melakukan kegiatan wisata sosial, karena warga yang berkunjung ke Katulampa bisa melakukan aksi sosial seperti penanaman pohon disekitar bantaran sungai serta aksi membersihkan sungai. Karna kalau mencabut pohon itu harus dari akarnya. Begitu juga ngatasin banjir juga harus dipikirin dari hulunya mas boss n mbak boss. Akur ??
wisata alam pintu air katulampa
oke deh. Sekian dulu tulisan admin kali ini. Lain kali dilanjut lagi. 😀

Abdul

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Tempat Wisata Disekitar Solok
  2. Tempat Wisata di Kabupaten Solok
  3. Kompor Kecil Buat Kemping Praktis Dari Kaleng Soda
  4. Peralatan Outdoor Wajib Untuk Kamu Para Petualang
  5. Event Unik Pariwisata di Sumatera Barat
  6. Tempat Liburan Keren Untuk Wisata Bahari di Sumatera Barat
  7. Tips Liburan Hemat Ala Backpackeran di Jabodetabek
  8. Wisata Alam Pintu Air Katulampa
  9. "Pantaiku sayang…. Pantaiku malang"
  10. Kuliner Unik Khas Sumatera Barat “Wisata Kuliner”

Dapatkan update terbaru facebook kami